Sedang Membuka Halaman Yang Dituju... Mohon Ditunggu


Endoskopi dan Bronkoskopi

Layanan Endoskopi dan Bronkoskopi RSUD Bayu Asih Purwakarta merupakan salah satu layanan unggulan kami. Tindakan Endoskopi dan Bronkhoskopi dilakukan di Kamar Operasi (OK) dalam perlindungan pembiusan yang diberikan oleh dokter-dokter terlatih dan ber sertifikat dengan didampingi oleh para perawat asisten yang juga telah ter sertifikasi.

Endoskopi adalah tindakan non bedah yang digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan dari pasien dan, dalam beberapa kasus, disertai pengobatan, jika sudah memungkinkan. Tindakan ini menggunakan endoskop, tabung lentur (fleksibel) dengan kamera yang melekat pada salah satu ujungnya. Kamera tersebut mengambil gambar bagian dalam dari saluran pencernaan, memungkinkan dokter yang memeriksa untuk melihat gambar tersebut melalui layar televisi yang terhubung dengan endoskop.

Endoskopi utamanya digunakan dalam mendiagnosis dan merawat gangguan pencernaan. Penyakit yang memengaruhi saluran pencernaan biasanya memengaruhi beberapa organ lainnya, dimulai dari mulut sampai ke anus.

Bronkoskopi adalah prosedur yang digunakan untuk memvisualisasikan bagian dalam saluran pernapasan, laring dan paru-paru Anda. Prosedur ini memungkinkan dokter mendiagnosis kelainan saluran pernafasan yang meliputi peradangan, tumor, dan kondisi saluran pernapasan lainnya serta paru-paru yang mungkin Anda miliki. Suatu alat yang disebut bronkoskop, dapat berupa alat yang kaku atau lentur, dimasukkan ke dalam saluran pernapasan melalui hidung atau mulut. Prosedur ini tidak memerlukan anestesi umum, dan biasanya dilakukan dengan menggunakan sedatif (obat yang membuat Anda mengantuk dan relaks).

Bronkoskopi dapat digunakan untuk mendiagnosis kelainan saluran pernapasan dan paru-paru. Jika Anda mengalami batuk kronis, atau batuk berdarah, dokter dapat melakukan bronkoskopi untuk melihat bagian dalam saluran pernapasan Anda, dan mengevaluasi gejala paru-paru Anda. Pemeriksaan ini dapat juga digunakan apabila terjadi infeksi paru-paru (misalnya, tuberkulosa), kanker paru-paru, atau diduga terdapat jaringan parut pada paru-paru setelah pemeriksaan dengan Sinar-X. Selain itu, apabila diduga ada kelainan paru-paru, bronkoskopi memungkinkan spesimen jaringan paru-paru diambil dari bagian dalam paru-paru dengan menggunakan biopsi atau Bilas bronkoalveolar.

FOTO-FOTO ENDOSKOPI DAN BRONKHOSKOPI